72% orang Indonesia adalah Pecinta Hewan, Bagaimana Prediksi di Tahun 2023?

dog and cat under a blanket

Kamu tim kucing atau anjing, nih? Atau tim hewan peliharaan lainnya?

Memelihara hewan dulu bagi sebagian warga Indonesia mungkin hanyalah sebatas hobi. Kini, tak sedikit orang Indonesia yang menganggap hewan adalah teman setia, hingga bagian dari keluarga. Namun, bagaimana prediksi tren memelihara hewan di Indonesia tahun 2023?

Pemilik hewan peliharaan di Indonesia meningkat 129%

Hasil survei yang dilakukan oleh Euromaster di tahun 2022, pemilik hewan peliharaan di Indonesia dari tahun 2017 hingga 2021 naik hingga 129%. Hal ini dikarenakan pandemi yang membatasi masyarakat Indonesia keluar rumah, sehingga mereka memutuskan untuk memelihara hewan sebagai teman sehari-hari. 

Hingga 2022, 72% orang Indonesia adalah pecinta hewan. Mayoritas dari pecinta hewan di Indonesia adalah orang tua “anabul” (anak bulu), karena memiliki setidaknya 1 ekor kucing atau anjing. Komunitas pecinta hewan di Indonesia pun juga meningkat pesat karena peran media sosial dan acara kumpul yang diadakan offline. Salah satunya Animal Defenders Indonesia, yayasan ini populer di Instagram karena mengajak dan mengedukasi orang-orang Indonesia untuk menyayangi hewan.

animaldefendersindo instagram post
Salah satu postingan populer @animaldefendersindo di Instagram.
Sumber: Instagram

Prediksi tren memelihara hewan di Indonesia tahun 2023

Peningkatan pesat dari jumlah pemilik hewan peliharaan di Indonesia ini membuat bisnis kebutuhan hewan juga meningkat. Menurut prediksi, pecinta hewan di tahun 2023 akan lebih mudah mendapat makanan yang berkualitas dengan harga terjangkau dan lebih mudah mengakses layanan kesehatan hewan peliharaan.

Selain itu, mengutip dari Jawa Pos, ketua dari ASPIN (Asosiasi Pet Shop Indonesia), drh. Adi Sasmita mengatakan bahwa teknologi digital memberikan potensi besar untuk industri kesehatan hewan peliharaan di tanah air. Layanan konsultasi hewan secara online salah satunya.

Faktanya, lebih dari 60% masalah hewan peliharaan bisa diselesaikan di rumah, seperti ketika hewan peliharaan mengalami diare, gatal-gatal, atau sekadar ingin melakukan pencegahan dini. Beberapa jenis layanan konsultasi hewan online yang biasa ditawarkan adalah melalui video call dengan dokter hewan, memanggil dokter hewan ke rumah (house visit), atau memesan obat secara online.

Zumvet vet checking on a cat
Memanggil dokter hewan ke rumah (house visit) menjadi salah satu pilihan dari layanan konsultasi hewan online.
Sumber: ZumVet

Beberapa keuntungan menggunakan layanan konsultasi hewan online adalah harganya yang lebih terjangkau, prosesnya cepat, dan tidak perlu pergi dan mengantre di klinik hewan. Konsultasi hewan online ini cocok untuk para hewan yang merasa stres jika berada di luar rumah atau lingkungan baru.
Apakah kamu juga salah satu pecinta hewan di Indonesia? Cari tahu lebih lanjut tentang dokter hewan profesional di ZumVet di sini sekarang. Baca juga tips tentang hewan peliharaan secara lengkap di sini.